Rabu, 10 April 2013

green canyon, keindahan yang harus dibayar dengan perjuangan yang mahal


Loncat dari atas batu payung di Green canyon
By: Miss Natak
Hello green canyon akhirnya sampai juga yah miss natak kesini setelah dari tahun 2009 saya mengidam2kan tempat ini, berawal dari sebuah iklan travelling di MNC TV, dimana presenternya berkata bilang “nah pemirsa ini yang namanya green canyon” dan hatiku langsung berkata ini tempat bagus banget tapi kayaknya diluar negeri deh, dari namanya kan bisa nebak, ternyata eh ternyata setelah googling green canyon yang dimaksud ada di Indonesia tercinta, langsung bersukur deh kepada tuhan yang maha esa karena saya tinggal di Indonesia sekarang (gak tahu kedepannya dimana, mungkin London atau LA saya tidak tahu, syukur2 di swiss ato Italy, ngarep hahahhahahaha). Emang sih green canyon yang asli ada di amerika sana, nah cikeung taneuh yang ada di desa cijulang, ciamis, jawa barat ini didaulat sebagai green canyon Indonesia, so gak perlu passport, gk perlu aplikasi visa tinggal terbang (dah tau kan caranya ke ciamis gimana) datang kan ke green canyon, lebih cantik mungkin yah yang pasti kita harus cinta tanah air bukan (bantuin promosi nih hehhehehe).
heh ini saya loh hehehehe
Siapa yang tidak tahu green canyon, kalau merasa pecinta alam dan dunia travelling pasti ada tuh yah green canyon didaftar tujuan wisatanya,  saya sendiri malah sejak tahun 2009 baru kesampaian 2013 miris banget kan hehhehhehe.
Ketika memasuki green canyon kita harus melewati sungai yang warnanya ijo juga, nah dari sungai itulah kita naik perahu menuju hulu, karena letak green canyon itu dihulu, dan hanya bisa dicapai dengan perahu, tak mungkin bisa renang karena melawan arus dan sungainya dalem, pastinya serem juga takut ada uler, kecuali anda adalah perenang dunia, why not. Kalau saya mending merongoh kocek 125.000,- untuk membayar perahu ke green canyon, lihat sungainya yang serem itu saia sudah membayangkan phiton yang besar (okee saya paling takut dengan ular sekecil apapun tetap ular kan, secantik apapun tetep dia makhluk yang paling ku takuti, ih amit2 dah. dan saya pun melihat ular kecil jatoh dari atas batu, saya langsung teriak itu uler uler uler beh norak kan.tapi itu uler loh bukan cacing). 

Perjalanan dari pintu masuk ke green canyon paling 10menitlah, gak lama kok apalagi pemandangannya bagus banget, menurutku sih serem hahhahaha aku takut beneran takut ada uler (naik perahu ke green canyon ingat fim2 anaconda deh menyelusuri sungaii dengan perahu, beh serem tapi asik pastinya hehhehehe). Sebelum naik perahu bayar dulu yah 125.000 sebelumnya 75.000 tapi sejak desember 2012 tarif masuknya naik (laku kali yah jadinya naik, jual mahal nie ye si green canyonnya).

Kecantikan green canyon sudah mendunia, beneran deh buktinya banyak turis yang datang kesana, tapi meskipun banyak pengunjung yang datang kesana kamu jangan takut yah kehabisan kapal, soalnya ada banyak kapal yang standby disana. Tapi pergi ketempat yang cantik itu harus punya perjuangan loh, hahhahah sepanjang pangandaran ke green canyon kalian akan disajikan dengan jalanan yang berlobang kkiri kanan, bukannya menjelek2kan yah tapi beneran deh jalannya jelek banget, seharusnya pangandaran-green canyon itu hanya 45menit lah tetapi jalanannya kurang mendukung jadinya 2jam lebih deh, apalagi bagi kalian yang pake sedan wah wah wah bisa stress deh hahhhaha, enaknya pake range rover tu kesana berasa di off road deh (kayak pernah ajah ikutan off road, sotoy nh miss natak). Disarankan untuk ibu hamil muda gak usah kesana takut hemmm kandungannya kalah, beneran deh seriusan gak boong, jalannya susah. Cuma ada 2 kemungkinan di jalanan itu, becek dan sangat sulit ketika di musim hujan, dan berdebu dimusim panas tentunya sulit juga kan lobangnya kiri kanan tuh, bingung ngelak dimana, serasa diatas kapal dengan ombak yang gede kebangetan deh  jeleknya sampai masyarakat memasang tulisan2 intinya sih protes ke pemerintahnya. Oia disarankan ke green canyon itu pada saat2 musim hujan jadi airnnya warna ijo tosca gitu, jernih tentunya asik kan untuk renang, kalau datang saat2 musim hujan bisa2 jadi cokelat canyon sih hahhahaha. 
kalian akan menemukan banyak sepanduk dijalanan


salah satu bentuk protes warga di sepanjang jalan cijulang

Tapi musim sekarang susah ditebak kalau dia mau panas yah panas kalau mau hujan yah hujan (efek global warming lah pastinya). Kemaren saya kesana airnya gak ijo gak cokelat tapi puas deh karena beneran deh cantik banget green canyon itu cantik beneran cantik deh, Olivia culpo ajah kalah cantiknya (apa hubungannya ama miss universe ckckck).

di green canyon kalo gak renang gak sah dunk, renang, manjat tebing dari batu itu, dan terjun dari ketinggian adalah hal yang menarik  untuk dicoba disana, tetapi untuk renang kalian harus bayar lagi 100.000/30menit/kapal. Oia lupa jelasinnya itu loh sekapal bisa 5orang loh jadi hemat kan Cuma 20rb kalian gak bakalan deh nabrak batu saat renang Karena ada guide yang nunjukin jalannya, arusnya kemana, renang kearah mana, kalau ngerti sih gak perlu pake guide tapi kl gak ngerti gak pake guide renangnya gak sampe2 ntar karena ngelawan arus hehhehehe bayar guidenya Cuma 25.000 kok dia bisa jadi juru foto juga, eits jangan takut pocket atau DSLR mu basah, karena dia dah siapin tuh tas anti basahnya yang bisa ngapung saat dia berenang.kalau gak ambil foto bakalan nyesel deh, kan lumayan tuk dijadiin dp BBMmu atau di share difb dan tweeter hahahhahaha (narsis gak apa2 kan hahhahaha). Ke green canyon harusnya rame2 asal jangan sendiri kalo sendiri kan gak asik, apalagi biaya kesana lumayan merongoh kocek, kalau rame2  kan bisa patungan, kalo sendiri bisa jadi patung (mati gaya hahahaha). Satu kapal maksimal 5 orang jadi 1 orang paling Cuma bayar 50rb deh itu udah plus renang gak mahal kok, soalnya 50rb jauh lebih murah dibandingkan dengan jalanannya yang super duper itu hahahhahaa. 

Renang ajah  gak cukup, gak asik kan kalo gak loncat dari ketinggian, heh saya paling suka yang aneh2 meskipun sebenarnya saya takut, tapi iitu pernah saya buktikan loncat dari ketinggian 4meter ketanah pula (waktu masih kecil itu mah gak sengaja hasilnya tangan sebelah kiri patah hahhahaa, untung2 gak kena tanggul kayu yang tepat banget disamping kiri aku, hasilnya nangis dan bibik kesayanganku pun langsung lompat juga hahahha, tutup mata deh ingat masa kecil hahahhaha( gak penting dbahas, balik lagi yuk ke green canyon). Itu loh waktu miss natak ke ketawai island (Bangka tengah) nah ada jembatannya kan disitu, saia pernah nyoba lompat dari ketinggian 4meter, burrrr (ini membuat kaget nelayan yang kebetulan angkut penumpang juga, kapalnya stay ditengah laut tempat saya melompat, airnya dalem, dan jarak jembatan ke air itu tinggi, kagetnya apa yang lompat perempuan sendirian pula hahhahaha, sebelumnya di lampur juga saya sering loncat dari jembatan, tapi bukan jembatan besi lampur itu tapi jembatan aik tambek jadi dah biasa deh lompat2an). Begitu juga waktu rencana lompat dari atas batu payung bukan lompatannya yang aku takutkan ituloh manjat dinding batunya itu sampe mukaku pucat, saya memang fobia dengan ketinggian kayak gitu hiks sampe mandek brapa menit disitu karena takut dan gak bisa manjat (meskpipun terbiasa manjat pohon rambutan tetanngga tapi beneran kali ini saya mau mati bediri deh serem, setiap kali saya manjat saya teriak aku fobia ketinggian, aku fobia kek gitu, taunya sampe juga ke batu payung, langsung psang gaya deh minta difotoin ama mas2 yang jadi guide itu, eits bukan mas2 tapi akang2 itu hehehehhe. Manjat batu itu adalah pengalaman saya yang k2 setelah pengalaman pertama itu ikut LKTD (pengurus BEM universitas Bangka Belitung dan BEM fakultas ajah yang bisa ikut) ini bukan manjat tapi turun dengan tali, hasilnya mukaku jadi putih deh sampe kebibir.

Lupakan soal memanjat karena saya takut hahahaha balik ke green canyon, melompat dari batu payung itu waw rasanya gimana gitu pas lompat teriak ajah, aku teriaknya bukan seneng tapi kaget kok airnya gak sampe2 juga hahahaha sempet takut sih karena lumayan tinggi tapi asik loh ka nada yang fotoin hahahaha. Setelah 30 menit berenang guide akan kasih tau kalau waktunya sudah habis, balik kanan dulu yah, renang ketempet dimana perahu bersandar itu lebih enak kan ikut arus jadi gak pake tenaga ajah sampe kok, untuk yang gak bisa renang juga aman kok ka nada baju pelampung kalo gak bisa renang diem ajah gk bakalan kelelep kecuali bajunya kamu lepas hehehehe, kalo mau coba silahkan tapi saya tidak menyarankan.
Ada kejadian lucu, sepasang muda mudi lagi weekend ke green canyon, mereka mau ikutan lompat juga, pas naik ke dinding batu itu mereka tak masalah, pas sudah diatas batu payung masalah pun terjadi ada 10 menit yang perempuan bengong diatas, kami yang dibawah jadi sebel deh Cuma bisa teriak lompat ajh gak apa2 kok, dia bilang apa “ aku gemeteran”, kami teriakin lagi kek gitulah sampe 10 menitan baru jeburrrrr dia nyebur dan mukanya memerah, langsung dia ngomong lagi “aku takut” kami pun tertawa dan tepuk tangan hahahhaha, pacarnya juga ikut ketawa kok (dulu ajah janjinya hujan badai dilalui demi melindungi dirimu, nyatanya pacarnya ketakutan diketawain gak banget kan hahhahaa)
So tunggu apalagi masukkan green canyon ke daftar traveling anda selanjutnya.  Ini nih tipsnya :
1.       Perginya kalau bisa pagi2 yah soalnya green canyon jam 4 udah tutup, kalau mau siang jam 1 ajah karena jam 12 org istirahat. Hari jumat bukanya jam 1 yah, jangan datang pagi2 ntar bengong2 disitu deh harus nunggu berjam2 (kalau bengong buat buaya ama uler disana mati loh)
2.       Rame2 perginnya ongkos kapal kan Rp 125.000 bisa bagi 5 kan, karena maksimal kapalnya 5 orang, jangan sendirian tar jadi bego deh.
3.       Jangan lupa bawa kamera, soalnya tempatnya bagus banget, dan jangan lupa mandi yah seru deh
4.       Jangan kesana waktu musim hujan, takutnya bukan ke green canyon tapi malah jadi cokelat canyon, terus kalau musim hujan jalananya ituloh cakep. Jangan sok2an pake sedan deh kalau gak mau stress, jangan coba2 pake mobil baru kesana, amit2 dah tes drivenya dimedan yang kek gitu, kecuali mobilmu mobil jeep.oia yang mau body rafting juga ada tapi rame yah, soalnya lumayan mahal sih.

  Makan dan penginapan murah2 kok, kamu bisa cari penginapan di pantai batu karas yang bisa ditempuh selama 20-30 menit dari green canyon. Selamat berlibur salam miss natak.

1 komentar:

  1. ba ada info villa di dekat gren canyon gak,salam sukses,by admin Hotel Jabar
    .admin ijin simpan link untuk rekomendasi
    1.Hotel di Pangandaran
    2.Wisata Pantai Selatan
    3.kawah Putih
    4.Puncak Darajat Garut

    BalasHapus