Rabu, 29 Oktober 2014

aceh loen sayang, pajan jak aceh?



Pajan Jak ACEH

Tak sengaja saya membuka  buku lama ( catatan kecil ato bisa disebut juga buku coret2 saya ketika traveling hmmmm bukan ketika saya berjalan ajah deh, kalau traveling kesannya gimana gitu). Pas buka buku ada coretan saya sekitar 5-10 baris, yang inti tulisannya “ maulah ke Medan sama Aceh”. Aku lupa kapan, bulan apa saya menulis itu, dan tahun kapan? Mungkin 2013 kali yah, dan sampai sekarang belum terwujud juga. Ketika mau kesana eh pas cari tiket bukan tujuan BDA tapi kota ini lah, kota itu lah, dan sampai sekarang teman aceh saya bosan mendengar angan-angan saya pengen kesana lagi tapi belum pernah terwujud (dammmmmmm).
Maulah ke Aceh lagi, jalan2 keliling kota Banda, makan rujak aceh yang khas dan gak ada bosen-bosennya, dan tak mau mencoba kopi dan mie aceh. Aneh memang menyukai aceh tapi tak pernah mencoba makan mie aceh dan kopi aceh, yup saya memang tidak menyukai mie dan kopi, kalau pun suka mie itu mie instans, mie Bangka, dan mie koba (mie khas Bangka juga dengan kuah ikan) jelas beda mie itu dengan mie yang lainnya termasuk mie aceh yang katanya enak tapi saya tidak pernah mau mencobanya. Kemarin sempat kesana meskipun cuma 2 minggu kalau gak salah, waktunya saya habiskan bermain, berkumpul dengan tetangga ibu di lueng ie, kalau sore bermain voli bersama agam-agam disana yang akhirnya menjadi teman, teman dekat malah kayak chris jhon, heri, yusra, dek faisal, kadang saya menganggapnya seperti abang sendiri seperti bang yus yang sampai saat ini masih menjaga komunikasi dengannya melalui sosmed baik facebook maupun BBM. Kalau ditanya mau gak kesana lagi, saya tanpa piker panjang pasti maulah Cuma hahahhaha ke aceh mahal that nyoe, hana peng hahahhahahahahha hana peng hana tiket.
Dulu saya tak bisa berbahasa Aceh meskipun sudah pernah kesana, dan punya teman dekat, Cuma tau loen (saya), adun (abang), agam (laki-laki), dan boh (buah) tapi buah dalam tanda kutip. Entah mengapa orang local selalu mengajarkan hal-hal yang lucu dan bersifat kotor untuk pendatang ( yup dan itu selalu aku lakukan juga kepada mereka teman saya yang dari luar Bangka ketika berkunjung ke Bangka atau baru menetap disini). Sekarang saya jeut bahasa aceh bacut-bacut mantoeng, na guru yang ngajarin loen, gurunya hahahahaha ada parte kuliah unsiyah jurusan penjaskesrek ( perlu saya sebutkan namanya? Jangan ah), dan guru yang paling rajin ngajarin itu adanya di atas gunung seulawah hahhahaha ngidupin gajah dia disana ( baca orang saree ). Saking ngebetnya saya belajar bahasa sana, saya harus mencatat kata satu persatu, lihat dari status teman, atau komen-komen orang di facebook (saat itu), ku catat di hp, dan ku hapalin satu persatu, kalimat per kalimat, seperti kaleuh pajoh bu, gohlom atau kalueh jawabannya, terimong geunaseh, pue haba (sudah pasti ini mah), tenget, hek, jeup ubat, cepet puleh, bu lekat, boh, nyoe mantoeng, hana mengoen le, khem, hana, han ek, pajan jak jino, jak mano, jeup kupie, eh malam, poh bandet (hahahhahahahha), ya ya boh gudok yok yok boh (jangan diteruskan), acehnya pat biasanya loen sering bilang gitu ( sok that loen nh kayak pandee ajah bahasa aceh hahhahaha). Kadang loen sering chat pake bahasa aceh, pas ada kata2 yang sulit dimengerti (hmmm bukan maksudnya yang loen hana teupu) langsung bbm atau chat teman yang lain untuk menanyakan apa artinya (gengsi dunk kalau chat bahasa aceh, tiba2 loen peugah, aduhh meuah beh loen hana teupu apa artinya tuh) hahhahahahah tapi sering juga kupakai jurus itu ketika teman2 saya “lambat” membalas pesan saya tersebut. Sebenarnya tak harus male lah yah kalau tak mengerti malah kadang dapet kosakata baru malah, tapi itulah namanya juga GENGSEHHHH (baca gengsi).
Kalau seandainya bisa kesana lagi, banyak yang akan saya lakukan, terutama sekitar Banda dan Aceh rayuek. Jak Sabang, keliling Banda le, ke Saree beli sayur, camping ( pengen camping), oia gathering dengan teman disana, teman yang selama ini ketemu di sosmed, dari teman voli, teman parte yang ngajarin aku bahasa aceh, ketemu lagi keluarga di lueng ie, hmmmm kemana lagi yah? Yang pasti kepengen nongkrong di warung kopi dengan wifi gratisnya sampe tutup warungnya hhahahhhaaha, soalnya saya gohlom pernah nongkrong di warung kupie di inan, han ek loen jeup kupie, takut eh malam. Entah gimana udah kota Banda sekarang, oia saya mau berfoto di aceh tsunami museum, Karena kemaren saya pergi tapi belum selesai, nah itu masuk juga ke itinerary loen anteuk.
Tapi loen hanya bisa peugah pajan jak inan (eh bener gak sih)? Enaknya disana itu yah Cuma satu loen pake jilbab dengan poni yang kelihatan hahahhahahahahaha han ek ta khem. Kira-kira selain beberapa khayalanku jika aku kesana lagi, apalagi yah? Sambil mangut-mangut lihat layar laptop mikir kemana lagi habis itu, pegi ajah belum loen dah sakeet ulee. aku kalau kesana mau ketemu someone ah, hmmmmm gak mau sebut nama, dan gak perlu nebak sapa orangnya karena kalian juga gak bakalan kenal kok, wekwekwekwekwek. Kira-kira apalagi yah tempat yang harus disamperin disana, hmmmmm kayaknya saya lebih suka bertemu dengan mereka yang selama ini dekat dengan saya di sosmed, eits bukan agam mantoeng, inoeng juga banyak ada kak via, kak cut cipit, ada ami, ada dek lia, dek mulza, ada teman voli juga. Bay de wei pakoen loen suka kali sama aceh yah, hadeh gak bisa jawab dan gak penting dijawab lah yah. Yang pasti tahun 2014 ini saya tak ada angan-angan kesana boro-boro untuk cek tiket, merencanakannya saya gohlom, bikin saket ulee sakit ate mantoeeng. Jadi kiban? Pajan? Loen hana teupu lah tapi pasti kesana lagi sapa tau dirasuki setan gila dengg sampe deh sultan iskandar muda airport hahahhahahahahaha, kita mana tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar