Rabu, 29 Oktober 2014

ribetnya punya anak kecil


Ribetnya punya Anak dan adek kecil

Saya suka sekali anak kecil, alasannya banyak, salah satunya mereka itu gampang  banget kita “bodohi” seperti pepatah Bangka “ asak budu ge saro = kalau bodoh itu pasti susah”. Dan saya selalu memanfaatkan keluguan mereka itu, yang sering menjadi korban tidak lain dan tidak bukan adalah sabat (adik bungsu saya). Sering kali menjadi korban misalnya ketika rebutan remote tv karena saya sudah sangat bosan menonton film ultraman yang selalu di putar dan diputar lagi, meskipun tak menonton langsung saya sampai hafal alur ceritanya ( rasa-rasanya saya mau sekali menjadi monster dan menelan langsung adik saya, tetapi setelah dipikir-pikir takut emakku mencari kemana-mana niat tersebut aku batalkan saja) dan jurus andalannya adalah mengeluarkan laptop dan sibuk bermain game. Dasar anak kecil mudah ajah dirayu, jelas banget dia merengek-rengek “bat mau main juga bat” saya pun berkata “ tak usah kamu nonton saja” tunggu 10 detik ajah tanpa negosiasi panjang lebar dia rela kok memberikan remote tv nya kepada anda, tak percaya? Silahkan buktiin deh.
Ada banyak cara mengelabui anak kecil, dan jangan kamu pikirkan dengan permen. Anak zaman sekarang sangat-sangat modern merayunya pun harus pake teknologi. Misalnya ketika ponaan saya menangis dan emaknya lagi mandi, saya yang tak tahu harus berbuat apa iseng mau merekamnya melalui ponsel, dan ajaib bayi umur 5 bulan itu berhenti menangis dan menatap ke kamera, what !!!!. tak mempan pake laptop dan hp cobain deh ajak ke mall beliin tas LV, Prada, CK, Gucci, atau suruh pilih mobil keluaran terbaru ( loh ini tante lagi bujuk ponaan apa pejabat bujuk istri simpenan yah).
Beda banget anak kecil dulu sama anak kecil yang sekarang, apa karena zaman atau apalah banyak sekali kemajuan yang mereka lakukan, seperti adik saya dia sangat pintar “ngeles” bajaj yang di Jakarta mah kalah ama dia yang baru berumur 3,5 tahun. Pernah suatu siang, adik saya yang hari itu dikurung saja dirumah, karena cuaca yang sangat panas, ibuku tak mau dia bermain diluar (meskipun zona mainnya itu Cuma sebatas rumah tetangga sebelah kanan dan kiri, yang kebetulan masih punya anak kecil seumuran sabat, dan sebelah kanan hanya punya anak tunggal yang masih SD dan kayaknya membutuhkan sosok adik, jadilah adikku itu menjadi “adiknya” dia juga untuk teman bermain dirumah). Siang itu emak kami tidur didepan tv dan sabat melihat dari jendela anak tetangga lagi bermain mobil-mobilan diluar, sambil melihat keluar dan mungkin sambil memutar akal bagaimana caranya dia bisa keluar. Terjadilah percakapan singkat antara mamak dan sabat :
 Bat : “mak, mamak, ku nek eek mak (mak, saya mau pub)”
 mamak : “ udah di wc ajah sana”
bat : ku takut mak, dilak ade tangan antu disitu ( saya takut mak, nanti ada tangan hantu disitu)
mamak yang lagi mengantuk, langsung mengizinkan dia untuk melakukan ritualnya di luar (anak kecil tak masalah melakukan ritual ini diluar). Dan 10 menit kemudian mamakku tak melihat adikku “nangkring” melainkan sibuk dengan mobil barunya yang semalam dia beli di pasar, hah. Mamak Cuma bisa bilang, oh begitu alasannya. Besoknya alasan itu mau dipakai lagi dan sampai sekarang alasan itu tak lagi mempan.
Sepintar-pintarnya kita terkadang lebih pintar anak kecil, saya berkali-kali menjadi korban kepintaran adik saya sendiri. Entah darimana dia bisa tahu KFC itu, dan saya yakin pasti dari TV karena di kampung orang tuaku tak ada KFC. Suatu malam saya belanja di hypermart yang bersebelahan dengan KFC pas mau pulang sabat bilang kayak gini,
  bat ayok kita kesana (menunjuk kearah KFC, saya heran juga mengapa dia mau kesana)”
“ lah ngapain kesana, emang kamu tahu itu apah?
“ tahu lah itu KFC, dan saya lapar kita makan disana yah”
OMG anak umur 3 tahun besar dikampung ngajak saya makan di KFC, okeh duit banyak di dompet saya pun jalan kaki kesana, dia makan dengan lahap, saya senang lalu telpon mamak kalo adek makan di KFC makannya banyak, mamak senang saya juga senang. Habis makan malam itu saya pikir dia sudah dengan foto orang tua berkacamata dan berjenggot itu,, pas di lampu merah adikku nunjuk2 foto amang2 itu sambil bilang bat itu apa, saya jawab tak tahu, eh dia ngajarin saya sambil bilang itu kafci bat, yang kita makan semalam, ayok kesana lagi kok saya lapar yah”. dengan berat hati saya gas motor saya ke KFC lagi.
Bukan hanya itu saja kelengahan saya dimanfaatkan sama adik saya banyak lagi kelengahan saya yang dimanfaatkan oleh adikku. Ingat cerita saat dia nginep dirumahku, malamnya saya mau ngumpul bareng geng cs, pulangnya pasti diatas jam 11 malam, dan tak memungkinkan membawa adikku, ditinggal dirumah sendiri pun mustahil saya tak berani, tak tega, dan tak mau membayangkan adikku sendirian dirumahku yang terpencil itu. Maka ku titipkan adikku ke bibiku, pas dijalan saat mau mengantarkan adikku terjadilah percakapan ;
Sabat “ nh jalan ape name e bat (ini jalan apa namanya bat), sambil nunjuk kearah gang (gang kosan saya dulu)”
Saya “ jalan raya bat”
Sabat “ bukan bat, ini jalan ke kos kamu” ( telak banget kalahnya, okeh saya diam).
Sabat” kite nek kemane bat ( kita mau kemana sih)”
Saya “ kerumah mak som, kamu tidur disana yah, kain dan susumu udah ada di tas, besok pagi kamu ku jemput”
Sabat “ ka nek kemane bat (kamu mau kemana bat)
Saya “ saya mau maen voli, dan pulang malam banget
Sabat “ main voli kok malam sih ( pengen jitak rasanya saat dia bilang gitu, serasa pacar curiga ajah ama kita, geleng2 kepala deh umur segitu ajah sudah bisa curiga, dan memang saat itu lagi musim tanding voli malam.
Sekarang bertambah lagi anggotanya ponaanku haitang, ahhhhhhh saya membayangkan mereka ajah udah ribet apalagi ada mereka berdua disampingku, melihatku ngetik di laptop pasti merengek sambil bilang “ mi, maen zombie mi” ato “ bat, maen zombie bat” (hufffff). Itulah anak kecil zaman sekarang sudah bisa telponan, sudah bisa maen psp, cepat hafal film kartun, sudah bisa milih mana uang 100 rebo, sama 10 rebo. Sudah tahu mainin hp touch screen, sudah takut sama syahrini eh salah hahahhaa…..
Apapun itu, seberapa pun ribetnya, saya harus belajar. Mau tak mau saya nanti akan dapet anak sendiri, jadi belajarnya dari sekarang deh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar