Sabtu, 23 Maret 2013

bagaimana caranya membuat paspor


Bagaimana caranya membuat paspor?
Untuk melakukan perjalanan keluar negeri pasti ada beberapa hal yang harus kita penuhi persyaratannya terutama paspor dan visa. Bagaimana sih cara pembuatan paspor, ada beberapa teman menanyakan caranya kepada saya. Hehehehe saya jelaskan saja secara detail. Okeh persiapan pembuatan paspor adalah :
1.        KTP asli
2.       Kartu keluarga asli
3.       Akte kelahiran asli
4.       Surat nikah bagi anda yang sudah berkeluarga
5.       Surat izin bagi anda yang sudah bekerja, misalnya PNS, Polisi, dan lain2
   Semua berkas di fotocopy ukuran A4 dan dimasukkan kedalam map kuning (map merk biola itu lebih bagus dan lebih rapi)
Nah dimana nganterin berkas itu, ke kantor imigran terdekat yah, maaf bagi yang berdomisili di Bangka Belitung silahkan datang langsung ke kantor imigrasi di kota Pangkalpinang letaknya di kelurahan selindung baru, dipinggir jalan jadi enak deh carinya.
Datangnya pagi2 yah biar gak ngantri lama, apalagi musim haji hehehehe. Datang ajah jam 8, atau jam 07.30 pagi biar dapet no urut lebih awal. Beri berkas tersebut kepada petugas, kita akan dikasih formulir, nah tar kita isi apa saja yang harus diisi, tujuan kita untuk membuat paspor apa tujuannya wisata, umroh, atau menjadi TKW. Kalau tujuannya travel maka kkita pilih paspor yang 48 halaman, jangan yang 25 yah itu untuk TKI hehehehe.
Setelah berkas diisi, antar ke petugas, silahkan tunggu untuk pengambilan foto. Disarankan memakai baju yang bewarna karena latar belakang foto itu putih, dan ehem foto di paspor itu hasilnya yah kurang memuaskan deh (mukaku berminyak dan kusam hahahahha) makanya dandan dulu yah sebelum pengambilan foto hehehehe. Setelah selesai mengambil foto, langsung wawancara. Paling ditanyain untuk apa paspornya, nah bilang ajah untuk jalan2, ntar ditanya mau kemana, jawab ajah kemana tujuanmu, jangan jawab mau ke medan yah (hahhahaha) kemaren waktu pembuatan paspor saya ditanya untuk paspornya saya jawab untuk traveling, kemana petugas itu Tanya lagi, saya lawab ajah ke Hongkong (kalau orang Bangka hongkong itu plesetan (misalnya murah dari hongkong, cantik dari hongkong), nah saya jawabnya sebenarnya untuk plesetan juga sih (rada kesel ditanyain ini itu) tapi petugas itu gak tahu kalau hongkong saya maksud itu hongkong plesetan ala Bangka hahhahaha, please jangan ditiru yah). Pas selesai ditanya itu, eh petugas itu Tanya lagi siapa bupati hongkong, oalah ini pertanyaan yang nanya apa yang ditanya yang gak tau, mana aku tahu hongkong pake bupati apa gak, setau aku pake distrik deh bukan pake kabupaten ahahhahhahaha (if im not mistake).
Setelah pengambilan foto dan wawancara tar kita disuruh pulang, tunggu ajah seminggu udah jadi kok paspornya, nah kalau paspor sudah jadi rencanakan perjalananmu okeh ayo kita natak……

1 komentar: